Jumat, 07 September 2018

PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK


A.    KONSEP PERAN
1. Definisi
Peran adalah  harapan bersama yang menyangkut fungsi-fungsi di tengah masyarakat. Penting pula diketahui bahwa peran hadir secara berpasangan, dimana masing-masing diharapkan bisa memainkan perannya dengan baik. Peran harus memiliki serangkaian fungsi-fungsi tertentu, yakni suatu manfaat atau tugas di tengah-tengah masyarakat agar mempunyai makna (Boeree, 2008).
Peran adalah serangkaian perilaku yang diharapkan pada seseorang sesuai dengan posisi sosial yang diberikan baik formal maupun informal. Peran juga diartikan sebagai kemampuan individu untuk mengontrol atau mempengaruhi atau mengubah perilaku orang lain (Supartini, 2004).

2. Permasalahan-permasalahan Peran

Terdapat banyak peluang masalah sehubungan dengan peran di masyarakat. Pertama-tama, mungkin saja terjadi kesalah pahaman diantara masing-masing anggota masyarakat, sebagai contoh kita tidak menyadari bahwa kita diharapkan oleh orang lain untuk mengemban peran tertentu. Sumber permasalahan lainnya adalah kita umumnya memiliki banyak peran dalam hidup ini, dan hal ini dapat menimbulkan konflik. Bahkan dalam satu peran sendiri pun mungkin terkandung banyak peran, tergantung pada situasinya. Terakhir, seseorang dapat pula dibingungkan oleh perannya sendiri. Banyak orang yang menghadapi masalah karena tidak dapat meninggalkan pekerjaannya saat kembali ke rumah, dan begitu pula sebaliknya (Boeree, 2008).

3. Peran Orang Tua
Peran adalah seperangkat tingkah laku yang diharapkan orang lain terhadap seseorang sesuai kedudukannya dalam suatu sistem. Peran dipengaruhi oleh keadaan sosial baik dari dalam maupun dari luar dan bersifat stabil, sementara untuk posisi tersebut merupakan identifikasi dari status tentang seseorang dalam suatu sistem social dan merupakan perwujudan aktualisasi diri. Peran juga dapat diartika sebagai bentuk dari perilaku yang diharapkan dari seseorang pada situasi sosial tertentu (Mubarak, 2006).
Menururt Notoatmodjo (2003), berkaitan dengan kesehatan keluarga maka orang tua merupakan sasaran utama dalam promosi kesehatan, karena merupakan peletak dasar perilaku. Sebab secara naluriah suka atau tidak mereka harus merawat dan mengasuh anak dari mulai menggendong, memandikan memenuhi kebutuhan anak termaksud mengembangkan kemampuan anaknya.

Perhatian dan kedekatan orang tua sangat mempengaruhi keberhasilan anak dalam mencapai apa yang diinginkan. Anak memerlukan kasih sayang dan perlakuan yang adil dari orang tuanya. Tapi, kasih sayang yang diberikan secara berlebihan akan mengarah memanjakan, bahkan dapat menghambat dan mematikan perkembangan kepribadian anak. Akibatnya anak menjadi manja, kurang mandiri dan ketergantungan pada orang lain (Soetjiningsih, 1995).
Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam perkembangan psikologi anak. Orang tua merupakan pemberi motivasi dan membantu dalam kecemasan dan mencari tahu apa yang mesti dilakukan untuk terus mengembangkan identitas dan kemandirian anak, sehingga diharapkan orang tua dapat memberikan perhatian dan kasih sayang sepenuhnya pada anak. Kedekatan anak dan orang tua memiliki  makna dan peran yang sangat dalam setiap aspek kehidupan keluarga (Mubarak, 2006).
Menurut Effendy, (1998) peran orang tua untuk membantu anak retardasi mental meliputi: 
a. Menyekolahkan anak untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan membentuk perilaku mandiri disekolah dan dirumah.
b. Mempersiapkan anak untuk kehidupan dewasa yang akan datang dalam memenuhi perannya sebagai orang dewasa tanpa bantuan dari orang lain.
c.  Memandirikan anak sesuai dengan tingkat-tingkat perkembangannya
Untuk memandirikan anak retardasi mental maka orang tua diharap  memperhatikan kebutuhan anak dan memberikan bimbingan yang tepat. ada beberapa  yang perlu dipelajari oleh anak retardasi mental terdiri dari (Effendy, 1998):
1. Bahasa dan bicara
2. Keterampilan  bersosialisasi
3. Kemampuan merawat diri sendiri
4.  Sensori motor
5.  Motivasi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

belajar...

PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK

A.     KONSEP PERAN 1. Definisi Peran adalah  harapan bersama yang menyangkut fungsi-fungsi di tengah masyarakat. Penting pula diket...